Notification

×
iklan

Pj Kades Puteri Sembilan Survey Gelanggang Gasing kegiatan PL dari dinas pariwisata

Selasa, 03 September 2024 | 09.39.00 WIB Last Updated 2024-09-03T02:39:57Z

 


PJ Kades Puteri Sembilan Ujang S.Ap saat survei kelapapan gasing yang akan di bangun


PenaRaja.Com,- Melihat antusias masyarakat Pulau Rupat Khususnya Kecamatan Rupat Utara begitu antusias dalam Permainan gasing, sehingga mendorong Pemerintah Kecamatan melalui Dinas Pariwisata Kecamatan Rupat Utara memperbanyak lapangan permainan tradisional tersebut sebagai salah satu upaya pelestarian budaya lokal.




"Gasing merupakan salah satu permainan tradisional lokal yang harus dilestarikan dengan mengenalkannya dan menggiatkan kembali ke masyarakat hingga ke tingkat dusun," terang salah satu warga yang memberikan komentar saat Peninjauan lapangan gasing oleh Pemerintah Desa Puteri Sembilan.


Pemerintah Desa Puteri Sembilan melalui PJ Kades Ujang S.Ap, mengatakan, optimistis kelestarian permainan gasing akan mampu mendukung program pariwisata daerah oleh Pemerintah setempat dengan mencanangkan diri sebagai destinasi wisata sejarah dan budaya tersebut.


Menurut dia, saat ini di setiap desa memang masih ada beberapa orang yang menjadi pegasing, dan selalu mengadakan pertandingan gasing di tingkat desa maupun kecamatan.


Dari hal itu PJ Kades Pemdes Puteri Sembilan Ujang ikut bersama sama 

Survey  Gelanggang Gasing kegiatan PL dari Dinas Pariwisata, yang beralamat di  Jalan Tun Dollah Rt.08 Rw 04, Dusun Pasir Putih Desa Puteri Sembilan.


"Gasing sebenarnya juga bisa dimainkan di halaman rumah, namun dengan adanya lapangan standar tentu akan memberikan motivasi tersendiri bagi para pegasing untuk berlatih lebih teratur," terangnya.


"Kami berharap dengan adanya lapangan gasing di tiap desa generasi muda akan semakin terbiasa memainkan gasing, dan bisa ikut melestarikan budaya lokal dan bisa diwariskan ke generasi selanjutnya sekaligus mendukung geliat pariwisata daerah," tutupnya. (Marhisam)

IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS PEMERINTAHAN
iklan
iklan