Notification

×
iklan

16 Tahun Lakoni Bisnis Narkoba, Dedi Bagaikan Membangun Istana Pasir

Selasa, 24 September 2024 | 08.46.00 WIB Last Updated 2024-09-24T01:46:04Z

 


Tersangka DSS alias Dedi Bin Zulkifli Siregar dipegang Kapolres Setyo Bimo Anggoro saat ditampilkan ke publik dalam press release Jum'at (20/9/24). (Photo Bakhtaruddin)


PenaRaja.com - Sepandai-pandai tupai melompat sekali jatuh juga. Peribahasa ini pas disematkan kepada seorang bandar shabu berinisial DSS alias Dedi Bin Zulkifli Siregar (37), warga Jalan Lama Duri 13, RT/RW 002/004, Desa Bumbung, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Mengapa tidak. Karena selama bertahun-tahun menggeluti bisnis terlarang (shabu) akhirnya apes alias jatuh juga. Ya. Dedi yang memulai jual beli narkoba sejak 2008 lalu, ambruk setelah dirinya tertangkap pada Selasa 27 Agustus 2024, sekira pukul 17.00 WIB dengan barang bukti 69 gram shabu.


Dedi juga tak menyangka bahwa Satuan Tugas (Satgas) Elang Malaka Polres Bengkalis dibawah pimpinan Iptu Hasan Basri akan menelusuri sepak terjangnya selama 16 tahun melakoni bisnis terlarang jual beli narkoba. Pemeriksaan terhadap Dedi yang diduga pemilik 69 gram shabu dilakukan secara menyeluruh. Bahkan, barang bukti shabu 69 gram itu bisa dikatakan sebagai pintu masuk untuk mengetahui omset bisnis terlarang yang digelutinya.


Kejelian penyidik pemeriksa dalam memberikan pertanyaan membuat Dedi tak berkutik. Dia tak lagi bisa menutupi sepak terjangnya dalam bisnis jual beli shabu. Dedi akhirnya mengaku setiap pekan omsetnya mencapai Rp 45 juta.


Sebagaimana diungkapkan oleh Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro saat press release di Gedung Tantya Sudhirajati, Mapolres Bengkalis pada Jum'at (20/9/24) siang.


Lazimnya orang berdagang, keuntungan penjualan barang haram tersebut sebagian untuk modal, keperluan pribadi dan sebagian ditabung. Bahkan ada yang dibelikan tanah.


Seperti Dedi telah memperhitungkan resiko jika kelak dia tertangkap. Dengan ada tabungan dan tanah sudah barang tentu setelah bebas dari penjara dia masih tergolong orang kaya. Mengapa tidak. Tabungannya mencapai Rp 700 juta, belum tanah dan kendaraan.


Namun, perhitungan Dedi meleset. Pasalnya, penyidik Satnarkoba mengendus adanya dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Alasannya sederhana, ungkap Setyo Bimo Anggoro, tersangka (Dedi) tidak punya pekerjaan tetap, sementara tabungannya banyak dan asetnya banyak. 


"Tersangka (Dedi) tidak punya pekerjaan tetap, tapi punya tabungan ratusan juta dan beli tanah. Ini (kekayaan) patut dicurigai," kata Bimo.


Bimo didampingi PJs Kasat Narkoba Iptu Hasan Basri, dan forkopimda lainnya, menjelaskan, perkara tindak pidana pencucian uang (TPPU) ini baru pertama kali di Satuan Narkoba Polres Bengkalis.


Terkait perkara TPPU, seluruh aset tersangka Dedi berupa uang tunai, uang dalam tabungan(dalam rekening dibeberapa Bank), surat tanah dan sepeda motor Kawasaki type KLX warna hitam BM 4305 DAA disita dan dijadikan barang bukti. 


"Ini (TPPU) Narkoba yang pertama di Polres Bengkalis. Barang bukti shabunya hanya 69 gram. Tapi TPPU-nya Rp 700 juta lebih," tegas Bimo.


Kendati sudah disita dan dijadikan barang bukti perkara TPPU, bukan berarti tersangka tidak bisa memiliki kembali, asal tersangka bisa membuktikan bahwa uang, dan aset lainnya bukan dari hasil penjualan narkoba atau bisnis terlarang lainnya. 


"Dalam perkara TPPU ada pembuktian terbalik. Dimana tersangka harus bisa membuktikan di pengadilan bahwa uang dalam rekening (tabung) dibeberapa bank, dan tanah yang dibelinya bukan dari hasil narkoba," tegas Bimo.


"Jika tersangka (Dedi) tak bisa membuktikan seluruh aset dan uang dalam rekeningnya dirampas oleh negara," ujarnya. 


Namun, kemungkinan besar tersangka sulit melakukan pembuktian terbalik. Dalam perkara ini tersangka Dedi bagaikan membangun istana pasir dipinggir pantai, langsung rubuh disapu ombak. Ya. Kemungkinan seluruh tabungan dan aset Dedi yang dikumpulkannya selama 16 tahun bakal 'hanyut' disapu Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.


Selain dalam perkara TPPU, Dedi yang ditampilkan ke publik mengenakan baju tahanan warna oranye nomor 027 dan sebo warna coklat bergaris putih, juga dijerat dalam perkara narkoba dengan barang bukti 69 gram dengan ancaman hukum diatas 5 tahun.


Namun, Kapolres AKBP Setyo Bimo Anggoro masih belum bersedia mengungkapkan pemasok shabu kepada tersangka DSS alias Dedi Bin Zulkifli Siregar. (Rudi).



IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS HUKRIM
iklan
iklan