Notification

×
iklan

Bupati Kabupaten Bengkalis Kasmarni Resmi buka MTQ ke XXII Tingkat Kecamatan Rupat Utara

Jumat, 12 Juli 2024 | 17.19.00 WIB Last Updated 2024-07-12T10:19:07Z

 

Text Fhoto : Bupati kabupaten Bengkalis Kasmarni bersama wakil bupati Bagus Santoso, Camat Rupat Utara Aulia Fikri beserta tamu undangan 


PenaRaja.Com,  - Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Ke-XXII (22) Tingkat Kecamatan Rupat  Utara yang di Hadiri langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis, disambut Antusias Masyarakat Kecamatan Rupat Utara, Kamis (11/7/2024) sekira pukul 08.30 wib.




Terlihat ratusan masyarakat dengan antusiasnya memadati arena MTQ guna menyaksikan secara langsung pembukaan MTQ yang terpusat di lapangan bola Desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara.


Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Dr. H. Bagus Santoso, ketua TP-PKK Siti Aisyah, PPTP dan Pejabat Administrator Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Camat Rupat Utara Aulia Fikri, Forkopimcam, KUA Rupat Utara, serta undangan lainnya.




Diikuti sebanyak 180 peserta 10 cabang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke XXII Tingkat Kecamatan Rupat Utara diperlombakan.




Menurut laporan Ketua Panitia yang juga menjabat sebagai Sekretaris Camat Rupat Utara Gauk Rizal, Ada 10 cabang yang diperlombakan yakni tilawah anak-anak, tilawah remaja, tilawah dewasa, tahfizh 1 juz, 5 juz dan 10 juz.


Kemudian qiraat murottal remaja, syahril quran dan fahmil quran yang dilaksanakan selama 5 hari terhitung mulai tanggal 11 hingga 15 Juli 2024 mendatang.


MTQ kali ini mengusung tema "Melalui pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Rupat Utara Yang ke XXII, mari kita amalkan isi kandungan al-quran sebagai landasan kehidupan bermasyarakat dalam menghargai perbedaan demi mewujudkan Kabupaten Bengkalis yabg bermarwah, maju dan sejahtera, terang ketua panitia.





Sementara itu Camat Rupat Utara Aulia Fikri dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada Bupati dan wakil telah hadir di Kecamatan Rupat Utara.


Camat juga menyampaikan salam dari seluruh Desa se Kecamatan Rupat Utara dalam program anggaran satu miliar satu desa satu kecamatan."Melalui anggaran tersebut seluruh pelaksanaan MTQ pada tiap desa bisa terlaksana dengan baik dan lancar," ujar Aulia.



Di sela pelaksanaan MTQ  tersebut Bupati Kasmarni juga menyerahkan secara simbolis  bantuan sosial, bantuan rumah layak huni dan paket sembako kepada masyarakat Kecamatan Rupat Utara.


Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Bengkalis Kasmarni,  mengatakan pelaksanaan MTQ yang kita selenggarakan ini, selain sebagai salah satu instrumen untuk mengukur capaian dari ikhtiar tilawatil Qur’an yang selama ini telah kita lakukan, hendaknya juga dapat menjadi salah satu metoda untuk mendekatkan serta meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap isi kandungan Al-Qur’an.


"Yakinlah, dengan berpegang teguh pada Al-Qur’an, umat Islam akan mampu membangun kehidupan yang damai dan harmonis dengan umat-umat lainnya. Artinya, dengan mengamalkan serta membekali diri dengan akhlak Al-Qur’an, cita-cita kita untuk menciptakan masyarakat yang senantiasa mampu menghargai perbedaan untuk kehidupan bermarwah, maju dan sejahtera, Insya Allah akan dapat kita wujudkan,” ujarnya.


Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan beberapa program pembangunan serta keberhasilan yang selama ini telah diraih oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis.


Seperti program bantuan keuangan khusus satu milyar satu kecamatan, satu kelurahan dan satu desa. dimana, dalam kurun waktu 2 tahun saja (2022-2023) lebih dari 120 km jalan desa yang telah terbangun/ditingkatkan, terdapat 1.876 unit rumah masyarakat kurang mampu yang direhab, ujar Bupati.



Selain itu lanjutnya terwujudnya peningkatan kualitas SDM kaum perempuan, layanan sosial yang semakin baik, pembinaan mental spritual dengan adanya penyuluh agama, serta terfasilitasinya berbagai kegiatan kepemudaan, termasuk juga tersedianya internet gratis di desa, serta terbukanya lapangan kerja.


Sesuai dengan komitmen kami  untuk program  infrastruktur, secara bertahap akan terus kita laksanakan, khusus pada tahun anggaran 2024 ini, kami telah menganggarkan berbagai kegiatan strategis kebupaten yang ada di Kecamatan Rupat Utara ini.


Diantaranya peningkatan jalan poros desa titi akar–desa hutan ayu, penyediaan prasarana sarana utilitas perumahan dan pemukiman, pembangunan dermaga desa titi akar, pembangunan dermaga apung pelabuhan tanjung medang, pembangunan turap beton jalan Abdul Aziz Tanjung Medang, serta kegiatan-kegiatan lainnya, tuturnya.


"Apa yang kami lakukan selama ini semata-mata atas dasar niat mulia, agar daerah kita ini lebih maju dan masyarakat negeri ini lebih sejahtera. In Syaa Allah apa yang telah kita programkan, apa yang telah kita bangun dan kita kerjakan, akan terus berlanjut, dan kami optimis, semua itu dapat kita wujudkan, apabila adanya dukungan, do’a serta sinergitas dari seluruh elemen masyarakat Kecamatan Rupat Utara,"tutupnya. ( Marhisam)


.

IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS PEMERINTAH
iklan
iklan