Notification

×
iklan

Isi Waktu Luang, 3 Pemuda Batsol Ternak Ikan Lele

Sabtu, 16 September 2023 | 14.25.00 WIB Last Updated 2023-09-16T07:32:17Z
Poto: Ardhi dan Teguh sedang beri makan ikan Lele Mutiara dengan pakan pelet 


PenaRaja.com - Tiga pemuda Jalan Lintas Duri-Dumai Kilometer 17 Kulim, Gang DHL, Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis mengisi waktu luangnya dengan beternak ikan Lele di sekitar belakang rumahnya.


Ketiga pemuda bernama Adi, Teguh dan Ardhi setiap hari melakukan pemeliharaan terhadap 2000 ikan Lele jenis Mutiara yang mereka tabur di 3 kolam berterpal biru orange.


Selain memberi makan pelet kepada ikan Lele, air dalam kolam pun diganti sekali seminggu pada sore hari dengan tujuan untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan ikan.

Poto: Adi sedang membuat kandang ayam

Hal ini diungkapkan Adi kepada reporter PenaRaja.com saat melakukan liputan disana. Adi mengatakan, pekerjaan ini merupakan kesepakatan diantara mereka bertiga.

Adi yang merupakan pekerja panggilan di bidang WiFi ini pun menjelaskan, dari pada melakukan hal buruk di masa muda, lebih baik membuat kegiatan positif.

"Sebelum pelihara ikan Lele ini, kita juga buat Layangan Sendaren bersama kawan-kawan, lumayanlah..bisa kita jual dan dapat untung sedikit", kata Adi, Sabtu siang (16/9/2023).

Adi mengungkapkan, hasil panen ikan Lele ini akan mereka jual ke Rumah Makan khususnya Warung Lamongan di sekitar Bathin Solapan.

Terpantau awak media, di sekitar kolam ikan Lele tersebut tampak sejumlah tanaman tradisional pun tumbuh, diantaranya Cabe, Lengkuas dan Serai. 

Dalam melakukan pekerjaannya, Adi bersama rekan-rekannya selalu diiringi musik yang ditaruh di tempat duduk yang tidak jauh dari kolam. Sembari istirahat, ngerokok dan menyeruput secangkir kopinya, perhatian ketiga pemuda tersebut tak lepas dari pergerakan ikan dalam kolam.

Selain pelihara ikan, Adi dan kawan-kawan juga akan memelihara ayam kampung. Tampak sebuah kandang yang dibuat dari kayu pun sudah mulai berdiri di sebelah kolam.

Adi dan dua kawan-kawannya yang bekerja sebagai mekanik itu berharap, semoga kegiatan ini bisa menjadi motivasi bagi pemuda yang lain dan berharap semoga ada pemodal untuk mendongkrak usaha yang mereka geluti, "Daripada Nyabu, lebih baik pelihara ikan Lele dan Ayam", tutup Adi.

Reporter: Parji
IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS BUDAYA DAN PARIWISATA
iklan
iklan