Notification

×
iklan

MTQ Perdana, Kades Syafarudin: Budayakan Baca Al-Qur'an Sejak Usia Dini

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 13.18.00 WIB Last Updated 2023-04-09T14:41:01Z



Foto: Kades Syafarudin bersama Ibu Ketua PKK, Baharudin, S.Sos Tapem Talang Muandau, BPD, Panitia dan LPTQ

TALANG MUANDAU (BENGKALIS), SINDOPOST.com - Sejak mekar dari Desa Tasik Serai Induk, Desa Tasik Serai Barat melaksanakan Musabaqoh Tilawatil Qur'an pertama kalinya.


Bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ), Pemerintah Desa dan Panitia Pelaksana mengadakan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 1 di Aula Desa, Jalan Gajah Mada KM.25, RT.02/RW.01, Desa Tasik Serai Barat, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis.


Kegiatan yang diikuti 84 peserta diadakan selama 2 hari kedepan, dimulai hari ini hingga esok (Sabtu - Minggu, 27 - 28 Agustus 2022) jam 8.30 Wib pagi dan dimungkinkan acara hari ini akan berlanjut hingga malam hari.


Acara MTQ Perdana ini dihadiri Camat Talang Muandau Drs. Nasrizal diwakili Baharudin, S.Sos Kasi Tapem Kecamatan Talang Muandau, Kepala Desa Tasik Serai Barat Syafarudin, Ketua LPTQ Burhanuddin, Wakil Ketua dan Sekretaris Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta Anggota, Bumdes, Ibu PKK, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Peserta Lomba dan tamu undangan.

Foto: Ketua LPTQ dan Ketua Panitia MTQ ke 1 Burhanuddin Munte menyampaikan sambutannya kepada para hadirin 

Pada kesempatan itu, Ketua LPTQ Burhanuddin Munte mengucapkan syukurnya karena acara ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.


"Alhamdulillah, acara ini dapat berjalan lancar. Terimakasih kepada Pemerintah Desa Tasik Serai Barat dan BPD yang telah memfasilitasi acara ini, terimakasih juga buat panitia yang sudah bekerja keras hingga acara ini dapat terlaksana, dan terimakasih juga kepada semua yang terlibat yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu", ucap Burhanuddin


Tak lupa Burhanuddin juga menjelaskan bahwa selain untuk mengembangkan ilmu anak-anak dalam membaca Al-Qur'an, tujuan acara ini untuk menjaring para peserta terbaik dari tingkat Desa hingga akan dipertandingkan ke tingkat Kecamatan dan Kabupaten di bulan September ini. 

Foto: Baharudin, S.Sos Tapem Kecamatan Talang Muandau sampaikan sambutannya dalam acara MTQ ke 1 

Demikian juga Camat Talang Muandau diwakili Baharudin, S.Sos Kasi Tata Pemerintah Kecamatan Talang Muandau mengapresiasi dan mendukung acara MTQ ke 1 yang ditaja oleh LPTQ bersama Pemerintah Desa Tasik Serai Barat.

Foto: Kades Syafarudin bakar semangat agar umat Islam yang ada di Tasik Serai Barat membudidayakan baca Al-Qur'an dari sejak usia dini

Sementara itu, Kades Tasik Serai Barat Syafarudin membakar semangat para peserta dan para hadirin, dia berharap bagi umat Islam yang ada di Desa Tasik Serai Barat agar membudidayakan membaca Al-Qur'an sejak usia dini.


"Malu jika kita umat Islam tidak bisa baca Al-Qur'an, mari budidayakan baca Al-Qur'an. "Bumi hanguskan" saja Desa Tasik Serai Barat kalau umat Islam warga Desa Tasik Serai Barat tidak bisa baca Al-Qur'an", bakar Kades kepada peserta dan para hadirin.


Seusai memberi sambutannya, Kades Syafarudin pun langsung membuka acara MTQ ke 1 dengan memberi ketukan 3 kali.


Acara perlombaan pun dimulai dari tingkat anak-anak dan membaca Al-Qur'an dengan ayat-ayat yang ditentukan oleh panitia. Tim panitia dan Tim penilai pun serius mendengarkan para peserta untuk memberikan nilai. 


Disela-sela kesibukannya, Ketua LPTQ sekaligus Ketua Panitia MTQ, Burhanuddin Munte mengatakan bahwa kategori lomba baca Al-Qur'an yang dipertandingkan dalam acara ini dibagi 3, yakni tingkat anak-anak, tingkat remaja dan tingkat dewasa, dari usia 12 hingga 40 tahun dengan rincian yang ada di gambar bawah ini.

Tampak peserta sangat antusias yang didampingi pembimbing dan Orangtuanya. 


"Semoga dari peserta lomba baca Al-Qur'an dalam MTQ pertama ini kita menemukan bibit terbaik yang akan kita pertandingan ke tingkat kecamatan bahkan ke tingkat kabupaten", harap Burhanuddin Munte.


Liputan: Eston

IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS DAERAH
iklan
iklan